Minggu, 08 September 2013

Ibu Hamil, Manfaat Air kelapa

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Sudah menjadi tradisi bahwa ketika seorang ibu sedang mengandung, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Beberapa sumber menyebutkan jika meminum air kelapa maka air ketuban akan menjadi jernih dan bayi akan berkulit putih bersih serta berambut hitam lebat. Kandungan zat elektrolit dalam air kelapa dipercaya mampu menjaga agar rahim bersih dan air ketuban menjadi jernih. Karena itu banyak yang menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi air kelapa saat kehamilan menginjak bulan ke 6 sampai saatnya melahirkan.
Terlepas dari mitos tersebut, manfaat air kelapa untuk ibu hamil memang besar sekali. Terutama air kelapa hijau yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang tinggi. Zat elektrolit yang kaya akan mineral ini membantu untuk mencegah kekurangan cairan. Namun berhati-hatilah dalam memilih air kelapa, hindari mengkonsumsi air kelapa dari kelapa muda. Karena air kelapa muda bersifat asam dan kandungan gizinya belum selengkap air kelapa yang lebih tua/matang, tidak disarankan untuk diminum ibu hamil.


Kandungan Gizi Air Kelapa

Vitamin yang terkandung dalam air kelapa berfaedah sekali untuk kesehatan ibu dan janin. Seperti vitamin C sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk meningkatkan sistem imun dan memiliki sifat antioksidan terhadap pengaruh radikal bebas dalam bentuk polusi udara yang berasal dari asap kendaraan dan asap rokok. Asam folat juga dibutuhkan oleh janin untuk membantu perkembangan otak dan syaraf serta menurunkan resiko terjadinya cacat otak dan kelainan sumsum tulang belakang.

Mineral yang terkandung dalam kelapa misalnya protein, lemak, karbohidrat, kalsium (potassium), fosfor dan gula (terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa). Air kelapa pun mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk eritrosit (sel darah merah) yang memiliki kandungan molekul hemoglobin. Ketika hamil, terjadi peningkatan volume darah sehingga diperlukan asupan zat besi yang cukup untuk membentuk hemoglobin serta penting bagi pertumbuhan janin dan plasenta.

Kandungan Asam amino dalam setiap butir air kelapa lebih tinggi dari kandungan asam amino dalam susu sapi. Terdiri dari beberapa senyawa seperti arginine (untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh), fenilalanin  (bermanfaat bagi pembentukan leukosit dan eritrorit), alanine (memiliki peranan penting dalam proses metabolisme), sistin (meningkatkan aktifitas sel darah putih dan membantu kestabilan kadar gula dalam darah) dan lain-lain. Kandungan asam lauric yang bersifat antibakteri, antimikroba, antijamur dan antivirus merupakan manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang paling penting. kandungan asam lauric mampu melindungi ibu dan janin dari serangan bakteri dan virus semasa kehamilan.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil memang tidak dapat dipungkiri. Namun, air kelapa bukanlah satu-satunya sumber nutrisi. Hendaknya kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar