Senin, 09 September 2013

Ibu Hamil, Tak Berarti Makan untuk Berdua

Kadang demi si kecil, calon ibu makan sebanyak-banyaknya. Padahal yang dibutuhkan si kecil adalah nutrisi, bukan jumlah makanan yang sebanyak-banyaknya. Kelebihan kalori hanya bikin calon ibu jadi kegemukan.
Pola makan sehat membantu janin dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh sehat. Demi kesehatan si janin, ibu sering makan dengan porsi untuk dua orang.

“Meskipun ibu hamil membutuhkan ekstra kalori untuk pertumbuhan janinnya, bukan berarti ibu harus makan untuk dua orang,” kata Dr. Bharoto Winardi, SpOG, seorang dokter ahli kebidanan dari RS Panti Rapih Yogyakarta.

Ibu hamil ternyata hanya butuh tambahan kalori sebesar 300. Kebutuhan kalori itu bisa dipenuhi dengan tambahan beberapa sendok makan nasi saja.  Dengan tambahan kalori yang tak banyak ini, ibu tidak akan mengalami kelebihan berat badan selama kehamilan.

Secara umum, ibu hamil seharusnya mengalami pertambahan berat badan satu sampai dua kilogram selama trimester pertama kehamilannya dan setengah kilogram di akhir periode kehamilan. Jika ibu mengandung anak kembar, ibu mungkin akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 12 hingga 20 kg.

Saat mengandung bayi kembar, berat badan ibu mempengaruhi berat badan bayi. Demikian kata situs kesehatan WebMD. Karena bayi kembar sering lahir sebelum waktunya, berat badan yang lebih besar diperlukan untuk kesehatan mereka. Ketika mengandung bayi kembar, ibu membutuhkan kalori sebesar 3.000 hingga 3500 kalori per hari. Orang dewasa normal dengan kegiatan sedang membutuhkan sekitar 2000 kalori.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar